30 January, 2012

Sepinya Transfer Musim Dingin

Jakarta.
 Kurangnya aktifitas jual-beli pada sesi transfer musim dingin tahun ini membuat beberapa klub sepakbola khususnya Eropa menabung barang sejenak. Tidak ada transfer yang menghebohkan sejak dibuka awal Januari ini hingga detik-detik penutupan transfer hari ini (31/1). Berbeda dengan musim ini, pada transfer musim dingin Januari 2011 dunia sepakbola sempat dibuat heboh dengan kepindahan Fernando Torres dari Liverpool ke Chelsea. Nilai 50juta pounds membuat penyerang asal negeri matador tersebut menjadi pemain termahal Premier League mengalahkan Andriy Shevchenko.

Pada Januari 2012 tercatat hanya sosok Carlos Tevez yang paling ditunggu-tunggu dalam bursa transfer. AC Milan, Paris Saint-Germain dan Inter Milan dikabarkan yang paling terdepan dalam urusan menggaet striker asal Argentina tersebut. Bahkan duo klub asal Milan masing-masing sudah menyiapkan nameset Tevez pada jersey mereka. Otomatis gosip mulai merebak. Namun hingga detik ini Tevez masih menjadi bagian dari Manchester City. Setelah pertandingan babak keempat piala FA yang mempertemukan Liverpool dan Manchester United, giliran Liverpool yang dikabarkan ingin menukar Tevez dengan Andy Carroll yang tampil apik malam itu (28/1). Menanggapi rumor itu, Kenny Dalglish, pelatih Liverpool langsung membantah, "No new senior team transfer."

 Gary Cahill berlabuh di Stamford Bridge.

Manchester United dan Arsenal mempunyai catatan tersendiri. Setan Merah, julukan ManUtd, hanya memboyong "kembali" sang legenda yang telah menyatakan pensiun pada musim sebelumnya, Paul Scholes. Sedangkan Arsenal meminjam mantan penyerang andalan mereka, Thierry Henry, dari New York Bulls selama dua bulan.

Chelsea yang biasanya selalu menghebohkan di sesi transfer hanya berhasil menggaet bek Inggris asal Bolton Wanderers, Gary Cahill. Kedatangan Cahill membuat bek Chelsea lainnya asal Brasil, Alex, berlabuh ke Paris Saint-Geramin.

Dari ranah Italia, Juventus selangkah demi selangkah membuan satu per satu penyerang mereka. Amauri berlabuh di Fiorentina setelah musim ini tidak sekalipun dimainkan oleh Antonio Conte. Sedangkan Luca Toni yang baru mencetak gol bersama Si Nyonya Tua, singgah di klub asal Uni Emirat Arab, Al Nasr. Martin Caceres yang sempat dipinjam Juventus beberapa musim lalu, kini kembali membela Juventus dengan opsi pembelian pada akhir musim.

Menurut saya, kemungkinan klub-klub Eropa saat ini mulai menjaga nafsu belanja mereka mengingat adanya aturan fairplay mengenai kesehatan keuangan klub dari UEFA. Manchester City yang super kayapun mulai bebenah mengingat skuad mereka yang membengkak. Berbagai aturan dari UEFA tersebut membuat klub menjadi lebih hati-hati unutk menghindari hukuman-hukuman yang tidak perlu.

Mungkin bursa musim panas nanti yang akan ramai. Kita tunggu saja.
Salam olahraga!

No comments:

Post a Comment