23 January, 2012

Menanti Piala Eropa 2012 Bag. 1: Polandia

Logo Piala Eropa 2012

Tuan Rumah
Polandia & Ukraina adalah dua negara yang akan menggelar turnamen Piala Eropa ke 14 mulai Juni 2012 nanti. 16 negara akan saling beradu kemampuan di lapangan hijau demi menguasai daratan benua biru. Siapakah yang akan keluar sebagai yang terkuat? Sebelum jauh membahas tim-tim yang bertanding, saya akan membagikan sedikit info tentang dua negara penyelenggara Piala Eropa 2012 ini.

Ini adalah untuk pertama kalinya Polandia & Ukraina menggelar Piala Eropa. Sebagai tuan rumah, mereka secara otomatis masuk ke dalam turnamen tanpa melalui babak kualifikasi. Mereka terpilih oleh Badan Panitia Eksekutif UEFA pada tahun 2007 mengalahkan Italia dan dua tuan rumah kombinasi, Kroasia & Hungaria. Pertandingan pembuka akan di gelar pada 8 Juni di National Stadium, Warsawa, Polandia. Dan final turnamen ini akan berlangsung di Olympic Stadium, Kiev, Ukraina pada 1 Juli.

Polandia
Negara republik di Eropa Tengah ini belum pernah menjuarai Piala Eropa. Bahkan sejak digelar mulai tahun 1960, Polandia tercatat baru sekali mengikuti turnamen ini yaitu pada Piala Eropa 2008 di Austria-Swiss. Itupun mereka gagal lolos dari kualifikasi grup dengan hanya mengoleksi satu poin. Bertarung di grup B waktu itu bersama Kroasia, Jerman dan tuan rumah, Austria, Polandia hanya berhasil menahan seri Austria dengan skor 1-1. Di dua pertandingan sisa, mereka takluk di tangan Kroasia dan Jerman. Alhasil Polandia menjadi juru kunci grup dan harus angkat koper terlebih dahulu.

Tahun ini Polandia harus membuktikan kekuatannya sebagai tuan rumah jika tidak ingin bernasib sama seperti tuan rumah 2008, Austria & Swiss (dua negara ini gagal lolos dari kualifikasi grup). Dengan beberapa wajah baru di skuad tahun ini, mereka dituntut untuk tampil semaksimal mungkin dari sekedar tim penghibur turnamen. 

Tanggung jawab sebagai seorang pelatih ada di tangan seorang Franciszek Smuda. Pelatih berusia 63 tahun ini sudah menukangi timnas Polandia sejak 2009 mengisi kursi kepelatihan yang ditinggalkan Leo Benhakker. Pria asli Polandia ini cukup berpengalaman melatih beberapa klub lokal. Terhitung belasan klub lokal pernah dilatihnya, jadi Smuda sangat mengenal karakter bermain Polandia.

Untuk tugas menjaga gawang, Polandia saat ini memiliki dua kiper yang cukup berpengalaman. Wojciech Szczesny dan Lukasz Fabianski merupakan kiper nomor 1 dan 2 di klub yang sama, Arsenal. Sepertinya Szczesny akan jadi pilihan nomor 1 Franciszek Smuda mengingat penampilan regulernya di Arsenal yang tak tergantikan. Di barisan pertahanan hanya ada dua pemain yang berpengalaman, Dariusz Dudka (66 caps) yang membela klub asal Belanda, Auxerre & Marcin Wasilewski (44 caps) yang bermain membela klub asal Belgia, Anderlecht.

Jakub Blaszczykowski


Bergeser ke tengah lapangan, Jakub Blaszczykowski (48 caps) sang kapten yang bermain untuk Borussia Dortmund, masih dipercaya untuk menjadi jendral lapangan bagi Polandia. Mengenai penyerang agaknya Polandia belum menemukan pemain yang tepat. Terakhir hanya nama Euzebiusz Smolarek yang paling berpengalaman dan sepertinya dia sudah tidak dipanggil kembali ke timnas. Sekarang Polandia harus bertumpu kepada penyerang muda yang bermain di Borussia Dortmund, Robert Lewandoski.

Demikian sedikit info tentang skuad Polandia dan pada topik berikutnya saya akan membahas tentang skuad Ukraina. Ditunggu ya!
Salam olahraga!

No comments:

Post a Comment