24 January, 2012

Menanti Piala Eropa 2012 Bag. 2: Ukraina

Lambang Timnas Sepakbola Ukraina

Ukraina
Berbeda dengan Polandia, sejak terpecah dari Uni Soviet pada 1992, Ukraina tercatat baru kali ini mengikuti turnamen Piala Eropa. Ukraina juga baru sekali menikuti turnamen besar yaitu pada Piala Dunia 2006. Di Jerman mereka berhasil tampil cukup memukau dengan masuk ke perempat final, namun langkah mereka ke semifinal digagalkan oleh Italia yang kali itu keluar sebagai kampiun untuk yang keempat kalinya.

Untuk rekor individual, Ukraina telah melahirkan tiga putra terbaik mereka untuk meraih gelar Ballon d'Or. Tercatat dua nama pemain Dynamo Kyiv dalam dua periode berbeda, Oleg Blokhin pelatih Ukraina saat ini, meraihnya pada 1975 dan Igor Belanov pada 1986. Terakhir Andriy Shevchenko pada 2004, AC Milan.

Setelah absen pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, tampaknya kali ini mereka akan kembali unjuk gigi. Dengan sosok Andriy Shevchenko (108 caps) yang masih menjadi andalan lini depan sekaligus kapten kesebelasan, Ukraina janjikan penampilan terbaik mereka. Bergabung di grup cukup ketat berisikan unggulan Inggris, Prancis dan Swedia, Ukraina tentu tidak ingin menjadi sekedar tim kuda hitam. Sebisa mungkin mereka lolos dari grup D walaupun dinilai cukup berat.

Andriy Shevchenko

Pelatih Oleh Blokhin yang baru menukangi timnas Ukraina sejak 2011 dinilai paling dipercaya oleh para suporter The Yellow-Blues, julukan timnas Ukraina, mengingat prestasinya membawa Ukraina lolos ke Jerman pada 2006 dan mencapai 8 besar di turnamen tersebut. Pelatih asal Kiev itu tampaknya akan mempercayakan Oleksandr Shovkovskiy sebagai penjaga gawang utama karena Shovkovskiy lah kiper yang paling berpengalaman di timnas dengan mengoleksi 90 caps. Penjaga gawang Dynamo Kyiv itu akan didampingi dua juniornya Andriy Dikan (7caps) yang saat ini membela klub asal Rusia, Spartak Moscow, dan Andriy Piatov (22 caps) dari klub lokal, Shakhtar Donetsk.

Jantung pertahanan Ukraina tampaknya menjadi masalah paling penting mengingat hanya nama Andriy Rusol (49 caps) bek berpengalaman yang tersisa dari skuad 2006. Ini menjadi tugas yang sangat berat untuk Blokhin mengingat turnamen akan diselenggarakan kurang dari waktu 6 bulan. Lain halnya dengan lini belakang, lini tengah Ukraina diisi dengan pemain-pemain berpengalaman yang sudah melakoni lebih dari 50 penampilan di timnas. Sebut saja Anatoliy Tymoshchuk (112 caps) yang sudah bermain hampir 12 tahun untuk Ukraina. Tymoshchuk juga membela klub raksasa asal Jerman, Bayern Muenchen. Ada juga Ruslan Rotan (55 caps) dan Oleh Husyev (67 caps), pemain Dynamo Kyiv.

Timnas Ukraina

Pada sektor depan, Andriy Voronin (70 caps) yang saat ini membela klub asal Rusia, Dynamo Moscow, akan mendampingi calon legenda Ukraina, Andriy Shevchenko. Voronin yang juga pernah membela klub Liverpool, merupakan salah satu alumni pasukan Ukraina di Jerman 2006.  Bersama Sheva, julukan Shevchenko, mereka berdua dipercaya akan merepotkan kiper-kiper lawan di grup D. 

Shevchenko mungkin akan segera mengakhiri masa baktinya kepada negaranya  mengingat usianya yang bisa dibilang sudah kurang produktif, 35 tahun. Bisa jadi ini merupakan turnamen akbar terakhir bagi pria yang pernah meraih gelar Ballon d'Or (waktu itu masih dalam kawasan Eropa) pada 2004 saat kala itu membela klub asal Italia, AC Milan.

Jadi, cukup penasaran juga kan dengan sepak terjang Ukraina Juni nanti?!
Salam olahraga!

No comments:

Post a Comment