04 March, 2012

Adeus, Villas-Boas!

Andre Villas-Boas saat melatih Chelsea.


London, Inggris.
Delapan bulan. Masa bakti sang manajer asal Portugal harus diakhiri jauh lebih awal dari yang diduga. Melatih Chelsea sejak 22 Juni 2011, Villas-Boas diramalkan bakal menjadi "Jose Mourinho" berikutnya. Pada musim sebelumnya yakni 2010-11, AVB -panggilan Villas-Boas, berhasil membawa FC Porto juara di ajang Liga Eropa. Hal inilah yang membuat sang empunya Chelsea, Roman Abramovich, kepincut untuk mengontraknya sebagai manajer The Blues. Reputasi AVB sebagai salah satu pelatih muda tersukses ini dinilai sanggup menggantikan peran Carlo Ancelotti yang sebelumnya juga dipecat oleh Abramovich.

Menduduki posisi kelima klasemen sementara Premiership, gagal di ajang Piala Liga, kalah agregat 3-1 dari Napoli di leg pertama Liga Champions dan harus mengulang pertandingan tandang di markas Birmingham City di ajang Piala FA. Itu semua adalah catatan kelam Chelsea saat ditangani AVB. Mendatangkan Juan Mata, Raul Meireles dan Gary Cahill ternyata belum cukup bagi Chelsea untuk bangkit. Faktor usia dinilai menjadi masalah yang terjadi di ruang ganti Chelsea. Terbukti beberapa kali terdengar kisruhnya dengan pemain senior Frank Lampard, yang usianya lebih muda 8 bulan dari AVB, kerap dibangku cadangkan oleh AVB.

Gol pemain WBA, McAuley, menjadi petaka bagi Chelsea sekaligus sang manajer.

AVB merupakan manajer keenam yang pernah melatih Chelsea sejak 2004 silam. Mourinho, Scolari dan Ancelotti adalah sederet nama pendahulu AVB yang dipecat Abramovich. Pemecatan AVB oleh manajemen Chelsea dilakukan setelah The Blues menelan kekalahan 1-0 dari West Bromwich Albion di pekan ke-27, sekaligus manjadi partai terakhir bagi AVB.

Di bursa pelatih Chelsea berikutnya, nama pelatih asal Spanyol dan juga mantan pelatih Liverpool Rafael Benitez, menjadi yang terdepan untuk menjadi pelatih Chelsea. Namun untuk sementara Chelsea menunjuk Roberto Di Matteo, mantan asisten AVB dan mantan pemain Chelsea, sebagai caretaker manager hingga akhir musim. Kursi kepelatihan Chelsea memang selalu menjadi buah bibir media seluh jagad.
Menarik!

Salam olahraga!

No comments:

Post a Comment