15 March, 2012

Kejutan di Ajang Eropa

Liga Champions.

Inggris dan Italia masing-masing mengirim salah satu tim terkuat mereka ke babak 8-besar Liga Champions. Chelsea dan AC Milan berhasil lolos setelah mengarungi babak 16-besar. Milan lolos setelah menang agregat 4-3 atas lawan mereka yang asal Inggris, Arsenal. Sepekan kemudian Chelsea yang ditangani oleh caretaker-manager asal Italia berhasil melakukan comback manis setelah di leg pertama mereka takluk di kandang Napoli,3-1. Tim asal London utara tersebut berhasil taklukan Napoli di Stamford Bridge dengan skor 4-1, agregat 5-4.




Spanyol kembali ujuk gigi setelah mengirim dua wakil mereka ke babak perempat final. Barcelona dan Real Madrid lolos dengan mudah setelah tampil trengginas pada leg kedua yang terjadi di kandang masing-masing. Barcelona hempaskan tim asal Jerman, Bayer Leverkusen, dengan agregat 10-2. Sedangkan sang rival, Real Madrid, ungguli CSKA Moscow dengan agergat 5-2.

APOEL, tim asal Siprus yang hanya dipandang mungkin tanpa mata terbuka, berhasil melaju ke babak berikutnya setelah singkirkan tim raksasa asal Perancis, Olympic Lyon, lewat adu penatli. Sangat menarik untuk mengikuti aksi tim kuda hitam ini di babak perempat final.

Undian perempat final Liga Champions akan diselenggarakan Jumat (16/3) malam ini.


Liga Eropa.
Lain cerita pada kompetisi ini. Tak satupun wakil Inggris dan Italia yang berhasil melaju ke babak perempat final. Udinese, satu-satunya wakil Italia di babak ini, harus gigit jari setelah disingkirkan tim asal Belanda, AZ Alkmaar. Walaupun pada leg kedua tim yang dikapteni Antonio Di Natale ini menang 2-1 di Friulli Stadium, namun Udinese tetap tak bisa melaju karena AZ unggul agregat 3-2.



Dua unggulan Inggris yang berasal dari kota yang sama, Manchester United dan Manchester City, tak kuasa menahan kesedihan setelah terlempar dari satu-satunya kompetisi yang mereka ikuti. MU, finalis Liga Champions musim lalu, harus mengakui kehebatan tim asal Spanyol, Athletic Bilbao. Takluk 2-1 di San Mames, kandang Bilbao, MU kalah agregat 5-3. 

Hal serupa juga terjadi pada tim biru asal Manchester. Manchester City yang pada babak sebelumnya berhasil kandaskan juara bertahan asal Portugal, FC Porto, kini dihentikan oleh tim asal negara yang sama, Sporting Lisbon. City yang pada leg pertama kalah 1-0 oleh Sporting Lisbon, benar-benar harus merelakan laju mereka di kancah Eropa walau mereka menang di Stadium City of Manchester dengan skor 3-2. Agregat memang 3-3, namun dengan peraturan gol tandang, Sporting Lisbon berhak melaju ke babak selanjutnya.

Namun dewi fortuna tampaknya berpihak kepada Spanyol. Negeri Matador ini berhasil meloloskan tiga tim sekaligus. Valencia, Bilbao dan Athletico Madrid. Saya yakin salah satu dari tiga tim ini akan melaju hingga partai puncak yang akan diselenggarakan di Arena Nationala, Bucharest, Rumania pada 9 Mei mendatang.

Eropa memang penuh kejutan!


No comments:

Post a Comment