20 February, 2012

AVB Hanya Perlu Waktu

London, Inggris.
Andre Villas-Boas, penerus Jose Mourinho.

Roman Abramovich sedang diuji kesabarannya. Tapian minyak asal Rusia ini mulai terusik dengan hasil yang diraih pasukan Villas-Boas. Dari sepuluh pertandingan terakhir, Chelsea hanya mampu meraih empat kemenangan, empat kali seri dan dua kali mengalami kekalahan. Tentu bukan hasil yang diharapkan bagi tim yang disokong oleh dana yang cukup besar.

Terakhir, Chelsea mampu ditahan imbang di kandang sendiri oleh tim asal divisi bawah, Birmingham City, pada laga 16-besar Piala FA. Bahkan gawang Petr Cech harus kebobolan lebih dulu lewat gol Murphy di menit ke-19. Beruntung Chelsea memiliki striker muda Inggris berbakat, Daniel Sturridge, yang berhasil menyamakan kedudukan.

Dipermalukan Aston Villa dengan skor 1-3 di Stamford Bridge akhir Desember lalu dan dikalahkan Everton 2-0 saat melawat ke Goodison Park minggu lalu. Dua kekalahan tersebut menjadi cobaan AVB makin bertambah. Ditahan imbang oleh dua tim promosi, Norwich City dan Swansea, bukanlah hasil yang seharusnya didapat dari tim yang berisikan bintang macam Juan Mata dan Fernando Torres.

Belum lagi masalah mandulnya pemain termahal Liga Inggris, Fernando Torres. Nando hanya mampu mencetak empat gol sepanjang musim ini. Malah Daniel Sturridge yang mampu mencuri hati fans The Blues. Pemain belia Inggris ini sudah mencetak lima belas gol.

Guus dan Don Carlo persembahkan gelar bagi Chelsea.

Sejak kepergian Jose Mourinho pada 2007 silam, Chelsea tercatat sudah tiga kali mengganti pelatihnya. Mulai dari Guus Hiddink, Carlo Ancelotti kemudian Andre Villas-Boas. Guus dan Carletto sudah berhasil mempersembahkan piala bagi Chelsea. Hiddink mampu membawa pulang tropi Piala FA pada 2009 sedangkan Ancelotti mampu mempersembahkan double winner di akhir musim 2010. Semenjak ditangani mantan pelatih FC Porto ini, langkah Chelsea bisa dibilang kurang mulus. Belum beranjak dari posisi kelima klasemen Premiership dan terpaut 17 poin dari Manchester CIty. Belum lagi disingkirkan Liverpool di ajang Piala Liga Inggris. Di gelara Piala FA Chelsea masih harus menjalani partai ulang melawan Birmingham City di St. Andrew's Stadium pada 6 Maret nanti.

Ancelotti persembahkan double winner pada 2009-10.

Di pertengahan minggu ini AVB kembali akan diuji di laga 16-besar Liga Champions bertandang ke markas Napoli. Jika kembali menelan kekalahan, apakah tindakan Roman Abramovich? Mungkinkah sang pemilik kembali memberi kesempatan lebih lama kepada sang nakhkoda? Atau malah menjadi mimpi buruk bagi AVB?

Well, AVB hanya butuh waktu untuk membuktikan kualitasnya.


1 comment: